5 Permainan Tradisional Korea dalam Squid Game: Budaya dan Strategi

5 Permainan Squid Game

Di tengah kepopuleran global drama Korea “Squid Game”, banyak orang menjadi penasaran dengan serangkaian permainan tradisional Korea Selatan yang diadopsi dalam ceritanya. Drama ini tidak hanya berhasil menarik perhatian dunia dengan alur cerita yang menegangkan, tetapi juga dengan mengangkat permainan-permainan anak yang sudah ada sejak lama di Korea. Permainan-permainan ini, yang tampak sederhana di permukaan, ternyata membawa nuansa psikologis yang dalam dan menggugah, merefleksikan berbagai aspek dari masyarakat dan kehidupan. Dari Lampu Hijau, Lampu Merah hingga permainan kelereng, setiap permainan dalam “Squid Game” menghidupkan kembali tradisi lama dan mengaitkannya dengan narasi yang kuat tentang strategi, ketahanan, dan nasib. Artikel ini akan mengulas lima permainan tradisional Korea Selatan yang diadopsi di “Squid Game”, memberikan kita wawasan tentang bagaimana permainan ini berakar dalam budaya Korea dan bagaimana mereka diinterpretasikan ulang dalam konteks yang serba modern dan dramatis.

Permainan Lampu Hijau, Lampu Merah (무궁화 꽃이 피었습니다)

Permainan ini adalah salah satu yang paling ikonik di “Squid Game”. Dikenal sebagai “Mugunghwa Kkoci Pieot Seumnida” dalam bahasa Korea, permainan ini mirip dengan “Red Light, Green Light” di banyak negara. Pemain harus bergerak maju saat “lampu hijau” (ketika pengawas membelakangi mereka) dan berhenti ketika “lampu merah” (ketika pengawas menghadap mereka). Keunikan permainan ini terletak pada ketegangan dan akurasi waktu yang dibutuhkan untuk berhenti tepat waktu.

Permainan Sarang Madu Gula atau Dalgona (달고나)

Dalgona, permainan populer di Korea Selatan, melibatkan pembuatan kue manis berbentuk datar dengan pola tertentu yang ditempel di tengahnya. Dalam “Squid Game”, pemain harus memotong pola tersebut dari kue tanpa merusaknya. Permainan ini menguji ketelitian dan kesabaran, dan menjadi populer di seluruh dunia setelah serial ini ditayangkan.

Permainan Tarik Tambang (줄다리기)

Tarik tambang adalah permainan tradisional di banyak negara, termasuk Korea Selatan. Di “Squid Game”, permainan ini diubah menjadi pertarungan hidup dan mati, di mana kekuatan, strategi tim, dan kecerdikan menjadi kunci untuk bertahan hidup.

Permainan Batu Loncatan Kaca (유리다리)

Ini adalah variasi menegangkan dari permainan batu loncatan. Dalam “Squid Game”, pemain harus melompat dari satu panel kaca ke panel lainnya, dengan beberapa panel tidak cukup kuat untuk menahan berat badan mereka. Permainan ini adalah metafora untuk risiko dan keberuntungan dalam hidup.

Permainan Kelereng (구슬치기)

Permainan kelereng, atau “Guseulchigi”, adalah permainan anak-anak yang populer di Korea Selatan. Di “Squid Game”, permainan ini diadaptasi menjadi permainan yang memerlukan keahlian, strategi, dan kadang-kadang, pengkhianatan untuk menang.

Permainan-permainan ini tidak hanya menunjukkan aspek budaya Korea, tetapi juga melambangkan berbagai aspek dari kehidupan dan masyarakat. Diadaptasi dalam konteks yang lebih gelap dan intens di “Squid Game”, permainan-permainan tradisional ini menjadi simbol yang kuat dari tekanan dan tantangan dalam kehidupan nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *